Hampir
tidak ada orang yang mempertanyakan tentang arti/
makna dari nama-nama yang digunakan untuk judul-judul surah Al-Qur’an. Mari
kita lihat nama-nama itu.
Nama-Nama Judul Surah
QS. 1
|
Al-Fatechah
; As-Sab’ulmatsani; Ummul kitab; Al-Kanz; Al- Wafiyah; Al-Kafiyah; Al-hamdu; Asy Syukr;
Asy-Syafiyah; Ad-Du’au; Asy Syifa
|
|
QS. 58
|
Al-Mujadalah
|
QS. 2
|
Al-Baqarah
|
|
QS. 59
|
Al-Hasyr
|
QS. 3
|
Ali Imran; Al-Zuhra; AlKanz; Al-Mujadalah
|
|
QS. 60
|
Al-Mumthanah; Al-Mawadah
|
QS. 4
|
An-Nisa
|
|
QS. 61
|
Ash-Shof; Al-Hawariyun.
|
QS. 5
|
Al-Maidah; Al- ‘Uqud; Al-Mau’idhoh
|
|
QS. 62
|
Al-Jum’at
|
QS. 6
|
Al-An’aam.
|
|
QS. 63
|
Al-Munafikun
|
QS. 7
|
Al-A’raf.
|
|
QS. 64
|
At-Taghabun
|
QS. 8
|
Al-Anfal; Badr.
|
|
QS. 65
|
At-Talaq; An-Nisa
Qusra
|
QS. 9
|
At-Taubah; Al-Bara’ah; Mubatsirah;
Mutsirah; Muchdziiah; Fadlilah;
Munafirah; Al-Ahzab.
|
|
QS. 66
|
At-Tahrim
|
QS. 10
|
Yunus
|
|
QS. 67
|
Al-Mulk:
Al-Munjiah; Tabaroka; Al-Wa’iyah
|
QS. 11
|
Hud.
|
|
QS. 68
|
Al-Qolam: Nun
|
QS. 12
|
Yusuf.
|
|
QS. 69
|
Al-Haaqah
|
QS. 13
|
Ar-Ra’du
|
|
QS. 70
|
Al-Ma’arij;
As-Sahirah; Ath-Thomah
|
QS. 14
|
Ibrahim
|
|
QS. 71
|
Nuh
|
QS. 15
|
Al- Hijr
|
|
QS. 72
|
Al-Jin
|
QS. 16
|
An-Nahl
|
|
QS. 73
|
Al-Muzammil
|
QS. 17
|
Isra ; Bani Israil.
|
|
QS. 74
|
Al-Mudatsir
|
QS. 18
|
Al-Kahfi
|
|
QS. 75
|
Al-Qiyamah
|
QS. 19
|
Maryam
|
|
QS. 76
|
Al-Insan; Ad-Dahr; Al-Amsjaj
|
QS. 20
|
Thaha.
|
|
QS. 77
|
Al-Mursalat: Al-’Urf.
|
QS. 21
|
Al-Anbiya
|
|
QS. 78
|
An-Naba’ ; ‘Amma
|
QS. 22
|
Al-Haj
|
|
QS. 79
|
An-Naziat;
As-Sahirah; Ath-Thammah.
|
QS. 23
|
Al-Mukminun
|
|
QS. 80
|
‘Abasa
|
QS. 24
|
An-Nur
|
|
QS. 81
|
At-Takwir
|
QS. 25
|
Al-Furqon
|
|
QS. 82
|
Al-Infitar
|
QS. 26
|
Asy-Syuara; Al-Jamiah
|
|
QS. 83
|
Al-Muthaffifin
|
QS. 27
|
An-Naml
|
|
QS. 84
|
Al-Insiqa
|
QS. 28
|
Al-Qashash
|
|
QS. 85
|
Al-Buruj
|
QS. 29
|
Al-Ankabut.
|
|
QS. 86
|
At-Thariq
|
QS. 30
|
Ar-Rum
|
|
QS. 87
|
Al-A’la
|
QS. 31
|
Lukman.
|
|
QS. 88
|
Al-Ghasiyah
|
QS. 32
|
As-Sajdah
|
|
QS. 89
|
Al-Fajr.
|
QS. 33
|
Al-Ahzab
|
|
QS. 90
|
Al-Balad
|
QS. 34
|
As-Saba’
|
|
QS.91
|
Asy-Syams
|
QS. 35
|
Al-Fathir; Al-Malaikah
|
|
QS.92
|
Al-Lail.
|
QS. 36
|
Yasin; Al-Amsyaj
|
|
QS.93
|
Adh-Dhuha
|
QS. 37
|
Ash-Shoffat
|
|
QS.94
|
Alam Nasrah; Al-Syarch; Al-Inyirah
|
QS. 38
|
Shad
|
|
QS.95
|
At-Tin
|
QS. 39
|
Az-Zumar; Al-Ghuraf
|
|
QS.96
|
Al-’Alaq; Iqra.
|
QS. 40
|
Al-Mukmin
|
|
QS.97
|
Al-Qadr
|
QS. 41
|
Al-Fussilat; As-Sajdah.
|
|
QS.98
|
Al-Bayyinah; Al-Bariah
|
QS. 42
|
Asy-Syura
|
|
QS.99
|
Al-Zalzalah; Al-Zilzal
|
QS. 43
|
Az-Zuhruf
|
|
QS.100
|
Al-’Adiat
|
QS. 44
|
Adh-Dhuhan
|
|
QS.101
|
Al-Qariah
|
QS. 45
|
Al-Jatsiah
|
|
QS.102
|
At-Takatsur
|
QS. 46
|
Al-Ahqaf
|
|
QS.103
|
Al-’Ashr
|
QS. 47
|
Muhammad
|
|
QS.104
|
Al-Humazah
|
QS. 48
|
Al-Fath
|
|
QS.105
|
Al-Fiil
|
QS. 49
|
Al-Hujarat
|
|
QS.106
|
Al-Quraisy
|
QS. 50
|
Qaf
|
|
QS.107
|
Al-Ma’uun
|
QS. 51
|
Adz-Dzariat
|
|
QS.108
|
Al-Kautsar
|
QS. 52
|
Ath-Thur
|
|
QS.109
|
Al-Kafirun
|
QS. 53
|
An-Najm
|
|
QS.110
|
An-Nashr
|
QS. 54
|
Al-Qamar; Al-Iqtaroba.
|
|
QS.111
|
Al-Lahab; Al-Masad
|
QS. 55
|
Ar-Rahman
|
|
QS.112
|
Al-Ichlas; At-Tauchid
|
QS. 56
|
Al-Waqi’ah
|
|
QS.113
|
Al-’Alaq
|
QS. 57
|
Al-Hadid
|
|
QS.114
|
An-Naas.
|
Kalau
kita pelajari nama-nama judul surah ini, maka tidak ada satupun yang menyebut tentang
sektor atau aspek kehidupan, sehingga sama sekali tidak memberi arah
tentang pokok pembicaraan surah yang merupakan unit huda terkecilnya Al-Qur’an.
Fakta diatas menyatakan bahwa nama judul surah merupakan NAMA/PROPER NAME atau SEBUTAN/CALL NAME dari suatu subjek
atau peristiwa, baik yang riil maupun yang ghoib. Kalau kita teliti lebih lanjut,
maka nama -nama itu dapat kita bagi dalam 3 golongan:
¤ Golongan ketuhanan yang terdiri dari :
R Nama atau sebutan Tuhan
R Nama peristiwa atau subjek
yang ghoib
R Ada 26 surah
¤ Golongan kemanusiawian yang terdiri dari
:
R Nama atau sebutan manusia,
baik mengenai pribadi, genre, golongan, maupun aktivitasnya
R Ada 51 surah
¤ Golongan kemakhlukan selain manusia yang
terdiri dari:
R Nama flora / fauna / unsur
alam atau peristiwa alam.
R Ada 36 surah
Apa makna nama nama surah itu ?
Tidak
ada satu nash-pun yang menerangkan tentang nama-nama itu, juga tidak kelihatan
adanya petunjuk kearah itu. Yang ada hanyalah, bahwa nama-nama judul surah itu
terdapat pada salah satu atau lebih dari satu ayat diantara ayat ayat surah itu. Ada
30 surah yang nama judulnya lebih dari satu dan ada beberapa surah yang nama
judulnya tidak terdapat pada salah satu ayatnya. [lihat daftar surat diatas].
QS. 1
|
Dari 12 nama judulnya,hanya ada
satu terdapat dalam ayat no. 2
|
|
QS. 58
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 2
|
Terdapat pada ayat-ayat no: 67 - 74
|
|
QS. 59
|
Pada ayat ke 2
|
QS. 3
|
Pada ayat-ayat no: 33 - 63
|
|
QS. 60
|
Pada ayat ke 10
|
QS. 4
|
Pada ayat 1 - 28
|
|
QS. 61
|
Pada ayat ke 4
|
QS. 5
|
Pada ayat ke 112
|
|
QS. 62
|
Pada ayat ke 9
|
QS. 6
|
Pada ayat-ayat no: 136 - 139
|
|
QS. 63
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 7
|
Pada ayat-ayat no: 46 - 50
|
|
QS. 64
|
Pada ayat ke 9
|
QS. 8
|
Pada ayat no: 1
|
|
QS. 65
|
|
QS. 9
|
Terdapat tersebar ; nama judul ke 2 pada ayat pembuka
|
|
QS. 66
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 10
|
Terdapat pada ayat k 98
|
|
QS. 67
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 11
|
Pada ayat 50 - 60
|
|
QS. 68
|
Pada ayat ke 2
|
QS. 12
|
Mulai ayat ke 4 - 102
|
|
QS. 69
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 13
|
Pada ayat ke 13
|
|
QS. 70
|
Pada ayat ke 3
|
QS. 14
|
Pada ayat ke 35
|
|
QS. 71
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 15
|
Pada ayat ke 80
|
|
QS. 72
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 16
|
Pada ayat ayat ke 68 - 69
|
|
QS. 73
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 17
|
Pada ayat ke 1
|
|
QS. 74
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 18
|
Pada ayat ke 9
|
|
QS. 75
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 19
|
Pada ayat ayat ke 16 - 40
|
|
QS. 76
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 20
|
Pada ayat ke 1
|
|
QS. 77
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 21
|
----
|
|
QS. 78
|
Pada ayat ke 2
|
QS. 22
|
Pada ayat ke 27
|
|
QS. 79
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 23
|
Pada ayat ke 1
|
|
QS. 80
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 24
|
Pada ayat ke 35
|
|
QS. 81
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 25
|
Pada ayat ke 1
|
|
QS. 82
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 26
|
Pada ayat ayat ke 224 - 227
|
|
QS. 83
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 27
|
Pada ayat ke 18 - 19
|
|
QS. 84
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 28
|
Pada ayat ke 25
|
|
QS. 85
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 29
|
Pada ayat ke 41
|
|
QS. 86
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 30
|
Pada ayat ke 1 - 7
|
|
QS. 87
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 31
|
Pada ayat ke 12
|
|
QS. 88
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 32
|
Pada ayat ke 15
|
|
QS. 89
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 33
|
Pada ayat ke 9 - 27
|
|
QS. 90
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 34
|
Pada ayat ke 15
|
|
QS. 91
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 35
|
Pada ayat ke 1
|
|
QS. 92
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 36
|
Pada ayat ke 1
|
|
QS. 93
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 37
|
Pada ayat ke 1
|
|
QS. 94
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 38
|
Pada ayat ke 1
|
|
QS. 95
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 39
|
Pada ayat ayat ke 71, 73
|
|
QS. 96
|
Pada ayat ke 2
|
QS. 40
|
Pada ayat ke 28
|
|
QS. 97
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 41
|
Pada ayat ke 3
|
|
QS. 98
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 42
|
Pada ayat ke 38
|
|
QS. 99
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 43
|
Pada ayat ke 35
|
|
QS. 100
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 44
|
Pada ayat ke 10
|
|
QS. 101
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 45
|
Pada ayat ke 28
|
|
QS. 102
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 46
|
Pada ayat ke 21
|
|
QS. 103
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 47
|
Mulai dari ayat ke 2
|
|
QS. 104
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 48
|
Pada ayat ke 1
|
|
QS. 105
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 49
|
Pada ayat ke 4
|
|
QS. 106
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 50
|
Pada ayat ke 1
|
|
QS. 107
|
Pada ayat ke 7
|
QS. 51
|
Pada ayat ke 1
|
|
QS. 108
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 52
|
Pada ayat ke 1
|
|
QS. 109
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 53
|
Pada ayat ke 1
|
|
QS. 110
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 54
|
Pada ayat ke 1
|
|
QS. 111
|
Pada ayat ke 3
|
QS. 55
|
Mulai dari ayat ke 1
|
|
QS. 112
|
---------
|
QS. 56
|
Pada ayat ke 1
|
|
QS. 113
|
Pada ayat ke 1
|
QS. 57
|
Pada ayat ke 25
|
|
QS. 114
|
Semua ayatnya kecuali ke 4
|
Meskipun
ada 62 surah yang nama judulnya terdapat pada ayat pertama, namun masih sulit
untuk menebak kandungannya dengan tepat. Misalnya ada 10 surah yang nama
judulnya makna-nya
sama (kiamat), namun ada perbedaan dalam apa yang dimaksud dengan kiamat itu.
Ke 10 surah itu memberi makna kata “kiamat” yang berbeda-beda.
Yang
jelas bahwa nama judul surah itu terdapat dalam satu kumpulan ayat yang
membentuk satu topik
yang kadang kadang kandungan topik itu kelihatannya sama, misalnya
cerita tentang salah seorang Rasul atau suku bangsa/kaum yang sama, namun makna yang
dapat diangkat dari cerita yang sama itu jelas berbeda.
Kalau kita mau lebih dalam
mendalami dan benar benar ingin mengetahui pesan yang dikandung dalam topik dimana nama judul surah
itu tercantum, kita akan mendapatkan hal hal yang kelihatannya
diluar topik itu, dan selalu menemukan kembali hal hal tentang : - sebab dan akibat dari suatu sikap manusia/golongan
manusia terhadap Rasul dan ajaran yang dibawanya.
¤
Sebab-sebab
yg dimaksud
diatas ialah terutama yang terdapat dalam diri manusia yang berupa: sifat dan
kecenderungan-kecenderungannya
¤ Akibat yg dimaksud diatas terutama timbulnya bencana alam maupun bencana
kehidupan manusia/sosio-moral.
Jadi topik topik yang
mengandung nama judul surah itu tidak membicarakan tentang hukum hukum,
perintah atau larangan, tetapi sifat dan kecenderungan manusia yang dapat merusak
sendi-sendi kehidupan, disamping jalan keluarnya. Inilah kandungan “TOPIK SENTRAL”dan makna yang dapat digali
dari topik ini akan merupakan “TEMA SURAH”.
Tema surah tidaklah mewakili kandungan surah
seluruhnya , karena tema
tiap surah itu sama ialah hudaa & furqon dalam merekayasa kehidupan manusia,
sebab surah itu merupakan unit fungsional terkecil Al-Qur’an. Kalau demikian
apa kedudukan topik
sentral surah terhadap tema surah ?
Diatas telah diterangkan bahwa tema surah mengandung
unsur pokok yang dapat merusak/menopang sendi sendi kehidupan
serta jalan keluarnya, maka dapat disimpulkan
bahwa tema surah merupakan sudut pandang surah/cara surah itu
memandang kehidupan yang harus diperhatikan manusia. Tiap kandungan
topik topik surah yang bukan topik sentralnya harus dipandang dari atau diacu maknanya
pada tema surah. Inilah kiranya
fungsi nama nama judul surah yang terkesan acak.
Apakah maksud Pencipta Al-Qur’an dengan memberikan
nama-nama judul demikian, apakah untuk memacu manusia supaya manusia mau memikirkannya ? Sebab siapa yang mampu
menemukan kendala, rintangan, hambatan
DALAM DIRI-NYA/kelemahan dirinya/jati dirinya, maka merekalah yang
merupakan manusia manusia BIJAK [ A.Q.].
Mungkin manusia semacam inilah yang dimaksud Al-Qur’an dengan manusia yang diberi hikmah,
kebaikan/choiron yang banyak.
Wallohu A’lam Bish-Showaab !
NAMA JUDUL SURAH
HANYA MENUNJUK PADA SUATU PERISTIWA
YANG MENGANDUNG ESENSI
AJARAN TUHAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar