Translate

Telusuri via Blog Ini

Selasa, 09 Juni 2020

SOCIETY 5.0 ? Apa itu Masyarakat 5.0 ?


Definisi:
 "Masyarakat yang berpusat pada manusia yang menyeimbangkan kemajuan ekonomi dengan penyelesaian masalah sosial melalui sistem yang sangat mengintegrasikan antara  ruang dunia maya dan ruang fisik."

Masyarakat 5.0 diusulkan dalam Rencana Dasar Sains dan Teknologi ke-5 sebagai masyarakat masa depan yang harus dicita-citakan oleh Jepang. Ini mengikuti masyarakat fase berburu (Masyarakat 1.0), masyarakat fase pertanian (Masyarakat 2.0), masyarakat fase industri (Masyarakat 3.0), dan masyarakat fase informasi (Masyarakat 4.0).
Fase baru Masyarakat 5.0
video Society.5.0

Mencapai Masyarakat 5.0
Dalam masyarakat informasi (Masyarakat 4.0), berbagi pengetahuan dan informasi lintas bagian tidak cukup, dan kerja sama itu sulit.

Karena ada batasan untuk apa yang dapat dilakukan orang, tugas mencari informasi yang diperlukan dari meluapnya informasi dan menganalisanya adalah suatu beban, dan tenaga kerja serta ruang lingkup tindakan dibatasi karena usia dan berbagai tingkat kemampuan. Juga, karena berbagai pembatasan pada isu-isu seperti penurunan angka kelahiran dan populasi yang menua dan depopulasi lokal, sulit untuk merespons secara memadai.

Reformasi sosial (inovasi) dalam Masyarakat 5.0 akan mencapai masyarakat berwawasan ke depan yang meruntuhkan rasa stagnasi yang ada, masyarakat yang anggotanya saling menghormati satu sama lain, melampaui generasi, dan masyarakat di mana setiap orang dapat memimpin kehidupan yang aktif dan menyenangkan.
Mencapai Masyarakat 5.0


Bagaimana Masyarakat 5.0 bekerja
Masyarakat 5.0 mencapai tingkat konvergensi yang tinggi antara ruang maya (ruang virtual) dan ruang fisik (ruang nyata). Dalam masyarakat informasi masa lalu (Masyarakat 4.0), orang akan mengakses layanan cloud (basis data) di dunia maya melalui Internet dan mencari, mengambil, dan menganalisis informasi atau data.

Di Masyarakat 5.0, sejumlah besar informasi dari sensor di ruang fisik terakumulasi di dunia maya. Di dunia maya, data besar ini dianalisis dengan kecerdasan buatan (AI), dan hasil analisis diumpankan kembali ke manusia dalam ruang fisik dalam berbagai bentuk.

Dalam masyarakat informasi masa lalu, praktik umum adalah mengumpulkan informasi melalui jaringan dan dianalisis oleh manusia. Namun, di Masyarakat 5.0, orang, benda, dan sistem semuanya terhubung di dunia maya dan hasil optimal yang diperoleh AI melebihi kemampuan manusia diumpankan kembali ke ruang fisik. Proses ini membawa nilai baru bagi industri dan masyarakat dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan.
Bagaimana Masyarakat 5.0 bekerja
Masyarakat 5.0 Menyeimbangkan Pembangunan Ekonomi dan Memecahkan Masalah Sosial
Dapat dikatakan bahwa lingkungan di sekitar Jepang dan dunia berada dalam era perubahan yang drastis. Seiring pertumbuhan ekonomi, kehidupan menjadi makmur dan nyaman, permintaan energi dan bahan makanan meningkat, umur menjadi lebih panjang, dan masyarakat lanjut usia semakin maju. Selain itu, globalisasi ekonomi mengalami kemajuan, persaingan internasional menjadi semakin parah, dan masalah-masalah seperti konsentrasi kekayaan dan ketidaksetaraan regional tumbuh. Masalah-masalah sosial yang harus dipecahkan dalam oposisi (sebagai pertukaran) dengan pembangunan ekonomi tersebut menjadi semakin kompleks. Di sini, berbagai langkah telah menjadi diperlukan seperti pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK), peningkatan produksi dan pengurangan kehilangan bahan makanan, pengurangan biaya yang terkait dengan masyarakat yang menua, dukungan industrialisasi berkelanjutan, redistribusi kekayaan, dan koreksi ketidaksetaraan regional, tetapi mencapai pembangunan ekonomi dan solusi untuk masalah sosial pada saat yang sama telah terbukti sulit dalam sistem sosial saat ini.

Dalam menghadapi perubahan besar di dunia, teknologi baru seperti IoT, robot, AI, dan data besar, yang semuanya dapat memengaruhi jalannya masyarakat, terus mengalami kemajuan. Jepang berupaya menjadikan Society 5.0 kenyataan sebagai masyarakat baru yang menggabungkan teknologi-teknologi baru ini di semua industri dan kegiatan sosial dan mencapai pembangunan ekonomi dan solusi untuk masalah-masalah sosial secara paralel.

Masyarakat 5.0 Menyeimbangkan Pembangunan Ekonomi dan Memecahkan Masalah Sosial
Pengembangan Ekonomi dan Solusi untuk Masalah Sosial di Masyarakat 5.0
Dalam Masyarakat 5.0, nilai baru yang diciptakan melalui inovasi akan menghilangkan kesenjangan regional, usia, jenis kelamin, dan bahasa dan memungkinkan penyediaan produk dan layanan yang dirancang khusus untuk beragam kebutuhan individu dan kebutuhan laten. Dengan cara ini, akan mungkin untuk mencapai masyarakat yang dapat mempromosikan pembangunan ekonomi dan menemukan solusi untuk masalah sosial.

Namun, mencapai masyarakat seperti itu tidak akan tanpa kesulitan, dan Jepang bermaksud untuk menghadapinya secara langsung dengan tujuan menjadi yang pertama di dunia sebagai negara yang menghadapi masalah menantang untuk menghadirkan model masyarakat masa depan.

Pengembangan Ekonomi dan Solusi untuk Masalah Sosial di Masyarakat 5.0
Masyarakat 5.0 Akan Membawa Tentang Masyarakat yang Berpusat pada Manusia
Dalam masyarakat sampai sekarang, suatu prioritas pada umumnya telah ditempatkan pada sistem sosial, ekonomi, dan organisasi dengan hasil bahwa kesenjangan telah muncul dalam produk dan layanan yang diterima individu berdasarkan kemampuan individu dan alasan lainnya. Sebaliknya, Society 5.0 mencapai konvergensi lanjutan antara ruang maya dan ruang fisik, memungkinkan AI berbasis data besar dan robot untuk melakukan atau mendukung sebagai agen pekerjaan dan penyesuaian yang telah dilakukan manusia hingga saat ini. Ini membebaskan manusia dari pekerjaan dan tugas-tugas rumit sehari-hari yang tidak mereka kuasai dengan baik, dan melalui penciptaan nilai baru, ini memungkinkan penyediaan hanya produk dan layanan yang diperlukan untuk orang-orang yang membutuhkannya pada saat mereka dibutuhkan. , dengan demikian mengoptimalkan seluruh sistem sosial dan organisasi.

Ini adalah masyarakat yang berpusat pada setiap orang dan bukan masa depan yang dikendalikan dan dipantau oleh AI dan robot.

Mencapai Masyarakat 5.0 dengan atribut-atribut ini akan memungkinkan tidak hanya Jepang tetapi dunia juga untuk mewujudkan pembangunan ekonomi sambil memecahkan masalah sosial utama. Ini juga akan berkontribusi untuk memenuhi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) yang didirikan oleh PBB.

Jepang bertujuan untuk menjadi negara pertama di dunia yang mencapai masyarakat yang berpusat pada manusia (Masyarakat 5.0) di mana siapa pun dapat menikmati kehidupan berkualitas tinggi yang penuh semangat. Ini bermaksud untuk mencapai ini dengan menggabungkan teknologi canggih di berbagai industri dan kegiatan sosial dan mendorong inovasi untuk menciptakan nilai baru.

Masyarakat 5.0 Akan Membawa Tentang Masyarakat yang Berpusat pada Manusia

Contoh Menciptakan Nilai Baru di Bidang Mobilitas (Masyarakat 5.0)

Nilai baru di bidang mobilitas

Di Masyarakat 5.0, nilai baru dapat dihasilkan dengan cara-cara berikut melalui analisis AI data besar dalam basis data yang mencakup beragam jenis informasi termasuk data sensor dari mobil, informasi waktu nyata mengenai cuaca, lalu lintas, akomodasi, dan makanan dan minuman, dan sejarah pribadi, dan yang berikut akan terwujud.

  • Mempermudah bepergian dan jalan-jalan dengan menyediakan rute jalan yang cocok dengan preferensi pribadi dan mengusulkan rencana optimal dengan memperhitungkan cuaca, kemacetan, dll.
  • Buat gerakan menyenangkan tanpa kemacetan dan kurangi kecelakaan melalui mengemudi secara otonom
  • Jadikan gerakan lancar dengan menggabungkan layanan berbagi mobil, transportasi umum, dll.
  • Memungkinkan lansia dan orang yang memiliki tantangan fisik untuk bergerak sendiri melalui penggunaan kursi roda yang dapat dikendarai sendiri

Selain itu, bagi masyarakat secara keseluruhan, solusi ini akan membantu mengurangi emisi CO2 oleh lembaga transportasi umum sambil mempromosikan revitalisasi regional dan merangsang konsumsi.

Nilai baru di bidang mobilitas


Contoh Menciptakan Nilai Baru di Bidang Kesehatan dan Pengasuhan (Masyarakat 5.0)

Nilai baru di bidang perawatan kesehatan dan pengasuhan

Dalam Masyarakat 5.0, nilai baru dapat dihasilkan dengan cara-cara berikut: melalui analisis AI data besar yang mencakup beragam jenis informasi, termasuk data fisiologis waktu nyata pribadi, informasi tempat perawatan kesehatan, informasi perawatan / infeksi, dan informasi lingkungan, dan berikut akan direalisasikan.

  • Aktifkan hidup nyaman sendiri dengan menggunakan robot untuk memberikan dukungan hidup dan mitra percakapan
  • romosikan hidup sehat dan deteksi dini penyakit melalui pemeriksaan kesehatan otomatis real-time
  • Memberikan perawatan yang optimal di mana saja melalui berbagi data fisiologis dan medis
  • Gunakan robot untuk meringankan beban perawatan dan pengasuhan di tempat

Lebih jauh lagi, bagi masyarakat secara keseluruhan, solusi ini akan membantu mengurangi biaya sosial yang terkait dengan perawatan kesehatan dan perawatan dan memecahkan masalah kekurangan tenaga kerja di lokasi perawatan kesehatan.

Nilai baru di bidang perawatan kesehatan dan pengasuhan

Contoh Menciptakan Nilai Baru di Bidang Pabrikan (Masyarakat 5.0)

Nilai baru di bidang manufaktur

Di Masyarakat 5.0, nilai baru dapat dihasilkan dengan cara-cara berikut: melalui analisis AI data besar yang mencakup beragam jenis informasi, termasuk permintaan pelanggan dan konsumen, informasi persediaan pemasok, dan informasi pengiriman, dan hal-hal berikut akan terwujud.

  • Melakukan perencanaan produksi dan manajemen inventori yang fleksibel dalam menanggapi kebutuhan saat ini dengan menjalin hubungan dengan bidang lain dan pemasok industri di luar urusan bisnis yang biasa dilakukan
  • Gunakan AI dan robot dan terapkan koordinasi antar-pabrik untuk membuat produksi lebih efisien, hemat tenaga kerja, memungkinkan pewarisan keterampilan teknis (pemodelan keahlian ahli), dan mencapai produksi campuran tinggi, volume rendah
  • Jadikan distribusi lebih efisien dengan pengiriman koperasi lintas industri, peleton truk, dll.
  • Memungkinkan pelanggan dan konsumen juga untuk mendapatkan barang berharga murah tanpa penundaan pengiriman sesuai dengan kebutuhan

Lebih jauh lagi, bagi masyarakat secara keseluruhan, solusi ini dapat membantu memperkuat daya saing industri, meningkatkan daya tanggap terhadap bencana, mengurangi masalah kekurangan tenaga kerja, menangani beragam kebutuhan, mengurangi emisi dan pengeluaran GRK, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan merangsang konsumsi.

Nilai baru di bidang manufaktur


Contoh Menciptakan Nilai Baru di Bidang Pertanian (Masyarakat 5.0)

Nilai baru di bidang pertanian

Dalam Masyarakat 5.0, nilai baru dapat dihasilkan dengan cara-cara berikut: melalui analisis AI data besar yang terdiri dari beragam informasi, seperti data meteorologi, data pertumbuhan tanaman, kondisi pasar, serta tren dan kebutuhan pangan.

  • Mencapai “pertanian pintar” yang sangat hemat-tenaga kerja dan berproduksi tinggi dengan mengotomatiskan pekerjaan pertanian dan menghemat tenaga kerja melalui traktor robot, mengotomatisasi pengumpulan data tanaman melalui drone, dan mengotomatisasi dan mengoptimalkan pengelolaan air berdasarkan prediksi cuaca, data sungai, dll. .
  • Merumuskan rencana pertanian dengan menetapkan hasil panen yang disesuaikan dengan kebutuhan, mengoptimalkan rencana kerja bersama dengan prediksi cuaca, berbagi pengalaman dan pengetahuan, dan memperluas basis pelanggan
  • Membuat produk pertanian yang diinginkan oleh konsumen tersedia bagi mereka saat diinginkan
  • Memberikan produk pertanian kepada konsumen ketika mereka membutuhkannya melalui kendaraan pengiriman mandiri

Lebih jauh lagi, bagi masyarakat secara keseluruhan, solusi ini dapat membantu meningkatkan produksi makanan dan menstabilkan pasokan, memecahkan masalah kekurangan tenaga kerja di daerah pertanian, mengurangi limbah makanan, dan merangsang konsumsi.

                           Nilai baru di bidang pertanian


Contoh Menciptakan Nilai Baru di Bidang Produk Makanan (Masyarakat 5.0)

Nilai baru di bidang produk makanan

Di Masyarakat 5.0, nilai baru dapat dihasilkan dengan cara-cara berikut: melalui analisis AI data besar yang terdiri dari beragam informasi, seperti alergi pribadi, informasi tentang produk makanan, produk makanan yang disimpan dalam lemari pendingin keluarga, persediaan toko ritel, dan kondisi pasar.

  • Buat pembelian makanan nyaman dengan menyediakan proposal kepada konsumen tentang produk makanan yang disesuaikan dengan informasi alergi dan preferensi pribadi
  • Mengurangi limbah dengan mengotomatisasi pengelolaan makanan yang disimpan dalam lemari es dan memungkinkan pemesanan dan pembelian hanya makanan yang dibutuhkan
  • Jadikan makan menyenangkan dengan memberikan proposal terkait memasak berdasarkan preferensi keluarga atau kondisi kesehatan sehari-hari
  • Memungkinkan produsen pertanian dan toko ritel untuk mengelola produksi, pesanan, dan inventaris sesuai dengan kebutuhan pelanggan

Bagi masyarakat secara keseluruhan, solusi ini dapat membantu mengurangi limbah makanan dan membuat industri makanan lebih kompetitif.

Nilai baru di bidang produk makanan

Contoh Menciptakan Nilai Baru di Bidang Pencegahan Bencana (Masyarakat 5.0)

Nilai baru di bidang pencegahan bencana

Di Masyarakat 5.0, nilai baru dapat dihasilkan dengan cara-cara berikut: melalui analisis AI data besar yang terdiri dari beragam informasi, seperti pengamatan daerah yang terkena bencana oleh satelit, oleh radar cuaca terestrial, atau oleh drone, informasi kerusakan berdasarkan struktur sensor, dan informasi kerusakan jalan dari mobil.

  • Memberikan setiap orang dan setiap orang informasi penampungan dan bantuan melalui telepon pintar individu dan perangkat lain berdasarkan kondisi bencana dan memindahkan orang dengan aman ke tempat penampungan
  • Temukan korban segera melalui pakaian bantuan, robot penyelamat, dll. Dan selamatkan mereka dari bangunan yang terkena bencana dengan cepat
  • Melakukan pengiriman bahan bantuan yang optimal melalui drone, kendaraan pengiriman mandiri, dll.

Bagi masyarakat secara keseluruhan, solusi ini dapat membantu mengurangi kerusakan dan mencapai pemulihan dini.

Nilai baru di bidang pencegahan bencana

Contoh Menciptakan Nilai Baru di Bidang Energi (Masyarakat 5.0)

Nilai baru di bidang energi

Dalam Masyarakat 5.0, nilai baru dapat dihasilkan dengan cara-cara berikut: melalui analisis AI data besar yang terdiri dari beragam informasi seperti data meteorologi, status operasi pembangkit listrik, status debit / pengisian kendaraan listrik (EV), dan kondisi penggunaan energi setiap rumah tangga.

  • Menyediakan pasokan energi yang stabil melalui beragam energi yang didasarkan pada perkiraan permintaan yang akurat dan prediksi cuaca
  • Mencapai produksi lokal untuk konsumsi lokal dengan menggunakan EV dan produksi hidrogen dan mempromosikan akomodasi antar-daerah
  • Promosikan penghematan energi oleh setiap rumah tangga dengan menawarkan proposal untuk mengoptimalkan penggunaan energi berdasarkan prediksi pasokan

Bagi masyarakat secara keseluruhan, solusi ini dapat membantu menyediakan pasokan energi yang stabil dan mengurangi beban lingkungan kita dengan mengurangi emisi GRK.

Nilai baru di bidang energi


Sumber:https://www8.cao.go.jp/cstp/english/society5_0/index.html



Tidak ada komentar: