Hanya ada satu pernyataan yang jelas yang terdapat dalam Al-Qur’an tentang hakekat dan makna ayat ayatnya, ialah yang terdapat pada QS.3 : 7 :
“Dialah yang menurunkan Al-Qur’an padamu. Sebagian isinya ayat ayat yang muhkamat, pokok pokok isi Al-Qur’an. Dan yang lain ayat ayat mutasyabihat. Adapun orang-orang yang hatinya condong/ miring, maka diikutinya ayat ayat yang mutasyabihat itu, untuk fitnah dan takwilnya. Tidak ada yang mengetahui takwilnya kecuali ALLAH. Dan orang-orang yang dalam ilmu pengetahuannya berkata : Kami mengimani semua ayat yang datang dari Tuhan. Dan yang menerima peringatan ialah orang-orang yang berakal”
Kebanyakan mufassir mengartikan kata muhkam dengan kata jelas, tidak memerlukan analisa lebih jauh, mudah ditangkap dan dicerna pesan yang terkandung didalamnya. Menurut hemat saya ini bertentangan dengan ungkapan Al-Qur’an sendiri yang menyatakan bahwa ayat muhkam ialah ayat yang menentukan pokok kandungan Al-Qur’an, jadi pengertiannya lain sama sekali dengan pendapat para mufassir. Masalahnya bukan mudah atau samar samarnya pengertian yang dikandung, tetapi apakah yang dikandung itu merupakan pokok pokok kandungan wahyu atau bukan. Kita ketahui bahwa kandungan wahyu ialah HUDAA & FURQON kehidupan, jadi ayat ayat itu akan menyatakan pokok pokok kandungan hudaa dan furqon.
HUDAA mengandung petunjuk kehidupan dalam segala dimensinya, seperti : dimensi mental-spiritual/akidah, dimensi kebiasaan perilaku/adab/akhlaq dan dimensi muamalah/dimensi sosial-politik-ekonomi-budaya/syare’at.
FURQON mengandung kriteria dalam ke 3 dimensi tersebut diatas.
Jadi ayat muhkam ialah ayat ayat yang mengandung pokok pokok kandungan hudaa & furqon, kandungan nilai mutlak yang tetap sepanjang masa.
Ayat mutasyabihat ialah ayat ayat penunjang yang memberikan kerangka adah yang memberikan daya berkembang artinya yang memberikan sifat dinamika makna kandungannya. Jadi menurut Al-Qur’an tidak ada macam ayat lain kecuali kedua macam ini, seperti ayat mujmal, ayat sumpah dlsbg. Ayatlah yang merupakan UNIT STRUKTURAL TERKECIL AL-QUR’AN dan hanya mengandung pernyataan RUMUSAN hudaa dan furqon.
Ayat ayat muhkamah ialah ayat ayat yang merupakan POKOK RUMUSAN sedangkan ayat ayat mutasyabbih merupakan PENUNJANGNYA dalam pengertian suatu elaborasi, explanasi, argumentasi bersifat figuratif,metaforik, simbolik atau perumpamaan-perumpamaan. Karena inilah bagi mereka yang condong ingkar, memilih ayat ayat ini karena mudah diputar-balikkan dan dibengkokkan arti maknanya, sehingga mudah melahirkan fitnah.
Inilah BAHAYA-nya MENAFSIRKAN AYAT PER AYAT, TANPA MENGACU pada KONTEKS SURAH-nya
A. PERBEDAAN AYAT DAN KALIMAT :
Ayat dalam Al-Qur’an tidak dapat disamakan pengertiannya dengan kalimat dalam pengertian tata bahasa, sebab ayat dapat terdiri dari satu atau lebih sari satu kalimat. Kalau ayat diartikan kalimat Qur’ani, maka kalimat kalimat yang membentuk ayat dapat kita sebut PHRASE ( group of words , often without a finite, forming part of a sentence). Inillah sebabnya mengapa terdapat perbedaan pendapat tentang jumlah ayat dalam Al-Qur’an.
B. AYAT- AYAT MAKIYAH DAN AYAT-AYAT MADANI:
Para Ulama membagi surah dan ayat itu dalam 2 golongan besar ialah surah/ayat Makiyah dan surah/ayat Madani, tergantung dari dalam perioda mana surah/ayat itu diturunkan. Jumlah surah Makiyah ialah 86 surah yang terdiri dari 4613 ayat dan surah Madani ada 28 surah dengan jumlah ayatnya 1636 ayat. Jadi jumlah ayatnya ada 6236.
Ada 70 surah yang diperselisihkan jumlah ayatnya oleh para Ulama, ialah :
NO | NAMA SURAH | JUMLAH AYAT | | NO | NAMA SURAH | JUMLAH AYAT |
1 | Al-Fatechah | 6 atau 7 | | 36 | Az Zuhruf | 89 - 88 |
2 | Al-Baqoroh | 287 - 288 | | 37 | Ad Dukhan | 56 , 57 - 59 |
3 | Ali Imron | 199 - 200 | | 38 | Al Jatsiah | 36 - 37 |
4 | An Nisa | 175 - 177 | | 39 | Al Ahqaf | 34 - 35 |
5 | Al Maidah | 120 - 123 | | 40 | Al Qital | 38 , 39 - 40 |
6 | Al An’am | 165 - 167 | | 41 | Ath Thur | 47 , 48 - 49 |
7 | Al A’raf | 205 - 206 | | 42 | An Najm | 61 - 62 |
8 | Al Anfal | 75 - 77 | | 43 | Ar Rahman | 76 , 77 - 78 |
9 | At Taubah | 129 - 130 | | 44 | Al waqi’ah | 96 , 97 - 99 |
10 | Yunus | 109 - 110 | | 45 | Al Hadied | 38 - 39 |
11 | Hud | 121 - 123 | | 46 | Al Mujadalah | 21 - 22 |
12 | Ar Ra’ad | 43 - 47 | | 47 | Ath Thalaq | 11 - 12 |
13 | Ibrahim | 52 - 54 , 55 | | 48 | Al Mulk | 30 - 31 |
14 | Al Isro’ | 110 - 111 | | 49 | Al haqqah | 51 - 52 |
15 | Al Kahfi | 105 , 106 - 110 , 111 | | 50 | Al Ma’arij | 43 - 44 |
16 | Maryam | 98 - 99 | | 51 | Nuh | 28 , 29 - 30 |
17 | Thaha | 130 , 132 - 135, 140 | | 52 | Al Muzammil | 18 ,19 - 20 |
18 | Al Anbiya | 111 - 112 | | 53 | Al Muddatsir | 55 - 56 |
19 | Al Haj | 74 , 75 - 76 , 78 | | 54 | Al Qiyamah | 39 - 40 |
20 | Al Mukminun | 118 - 119 | | 55 | An Naba’ | 40 - 41 |
21 | An Nur | 62 - 64 | | 56 | An Nazi’at | 45 - 46 |
22 | Asy Syu’aro | 226 - 227 | | 57 | ‘Abasa | 40 , 41 - 42 |
23 | An Naml | 92 - 95 | | 58 | Al Insyiqaq | 23 , 24 - 25 |
24 | Ar Rum | 60 - 59 | | 59 | Ath Thariq | 16 - 17 |
25 | Lukman | 33 - 34 | | 60 | Al Fajar | 29 , 30 - 32 |
26 | As Sajdah | 29 - 30 | | 61 | Asy Syams | 15 - 16 |
27 | Saba’ | 54 - 55 | | 62 | Al ‘Alaq | 19 - 20 |
28 | Fathir | 64 - 65 | | 63 | Al Qodr | 5 - 6 |
29 | Yasin | 82 - 83 | | 64 | Al Baiyinah | 8 - 9 |
30 | Ash Shaffat | 181 - 182 | | 65 | Al Zalzalh | 8 - 9 |
31 | Shad | 85 - 86 , 88 | | 66 | Al Qari’ah | 8 - 10 , 11 |
32 | Az Zumar | 72 - 73 , 75 | | 67 | Quraisy | 4 - 5 |
33 | Ghafir | 82 , 84 - 85 , 86 | | 68 | Al Ma’un | 6 - 7 |
34 | Fushilat | 52 , 53 - 54 | | 69 | Al Ichlas | 4 - |
35 | Asy Syura | 50 - 53 | | 70 | An Nas | 6 - 7 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar